Rekomendasi Ukuran Kaca Film Mobil Yang Ideal dan Aman

Ukuran kaca film mobil yang ideal baik avanza depan bagian untuk kegelapan sedan agya 3m vios rekomendasi gelap persen standar 40 80

Jika kalian beranggapan bahwa kaca film hanyalah sebuah aksesoris biasa, maka kalian perlu mempelajari lebih banyak tentang apa saja manfaat dari aksesoris tersebut.

Dari sekian banyak jenis kaca film beserta dengan merknya yang saat ini sudah beredar banyak dipasaran, kalian juga harus mengetahui mana tipe dan jenis mana yang cocok dengan mobil anda.

Bahkan seiring perkembangan zaman dan tekhnologi yang semakin pesat, saat ini sudah banyak orang melakukan berbagai cara untuk menipu. Meraup keuntungan dari hasil haramnya tersebut. Maka dari itu kalian juga harus berhati-hati terhadap berbagai jenis penipuan.

Banyak tempat-tempat yang menjual kaca film dengan tawaran harga murah. Jangan tergiur dengan harganya yang murah, tetapi nanti jika di aplikasikan kalian tidak mendapatkan manfaat atau keuntungan apapun dari pemasangan film tersebut. Malah bisa jadi membuat kerugian yang sangat besar.

Seperti pandangan dari dalam keluar menjadi bias, muncul bintik-bintik atau gelembung yang mengganggu pandangan ketika mengemudi, serta bisa jadi beberapa hari setelah terpasang kaca film malah terjadi keretakan pada kaca mobil kalian.

Jadi sekali lagi jangan tergiur akan harga murah, karena resiko yang bakal di hadapi tak sebanding dengan harga murah tersebut. Mau ngirit malah bisa jadi boros.

Memilih Ukuran Kaca Film

Dari segala banyak jenis dan merk kaca film yang ada, kalian harus menentukan ukuran (luas+lebar) kaca film mobil kalian terlebih dahulu. Kebetulan untuk ukuran hanya ada 3 pilihan. Yaitu small, medium dan large.

Untuk ukuran kaca small biasanya digunakan bagi tipe-tpe mobil kecil seperti ayla dan agya. Mungkin lebih ke mobil mini, jadi ukuran kacanya juga kecil. Tidak begitu banyak memakan lapisan film.

Kemudian untuk ukuran medium, hanya diperuntukkan untuk jenis mobil sedang, seperti contohnya mobil avanza,xenia, terios, rush, grand livina, wuling, yaris dan berbagai mobil lainnya yang memiliki ukuran sedang pada bagian kaca terutama depan.

Dan yang terakhir ukuran large. Tentunya kalian sudah tau ya jenis mobil apa saja yang termasuk dalam kategori mobil besar. Seperti mobil CRV, Pajero, Xpander, Innova, alparth dan lain-lain.

Nah jika kalian sudah memilih ukuran kaca film yang tepat untuk mobil kalian, selanjutnya tinggal memilih tingkatan kegelapan kaca film yang ideal.

Rekomendasi Tingkat Kegelapan Kaca Yang Ideal

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung, sebenarnya pada tingkatan kaca film mana yang dinyatakan sebagai tingkat paling ideal ?

Ideal dalam artian, kaca film tersebut berfungsi secara optimal, tanpa menimbulkan efek atau dampak negative apapun kepada pengemudi.

Nah, disini penulis akan mencoba menjelaskan serta merekomendasikan sedikit tentang tingkatan kaca film yang ideal untuk sebuah mobil.

1. Untuk Kaca Bagian Depan

Seperti yang kalian ketahui bahwa, tingkatan kaca film itu ada 4. Dimulai dari 20%, 40%. 60%, sampai dengan 80%. Dan yang paling direkomendasi adalah yang 40% saja. Jangan lebih dari itu, untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan.

Bahkan ada dari beberapa merk kaca film kelas premium seperti V-Kool, 3M serta solar gard tidak memberikan garansi bagi konsumen yang memasang kaca film terutama pada bagian depan lebih dari tingkatan 40%.

Karena memang sudah terbukti, untuk digunakan perjalanan malam, pandangan dari dalam akan terlihat sangat bias sekali. Bahkan membuat kendaraan didepannya sering kali terlihat samar.

Rekomendasi lainnya, sebaiknya gunakan merk kaca film premium untuk bagian depan. Walaupun dari segi harga mahal, tetapi bagian kaca depan memang yang sangat berperan penting dalam Manahan panas serta menolak sinar infrared dan sinar UV yang bisa merusak bagian kulit kita.

2. Untuk Bagian Samping Kanan Kiri

Nah jika kaca mobil bagian samping kanan dan kiri pengemudi, bisa kalian pasang pada tingkat kegelapan 60% atau bahkan 80%.

Khusus untuk samping kanan pengemudi idealnya pasang di tingkat 60% saja. Jangan terlalu gelap dan terang. Untuk mengemudi malam hari juga bisa mengurangi cahaya pantulan dari kendaraan belakang lewat kaca film.

Nah idealnya lagi, samakan saja pada tingkat kaca film bagian depan. Supaya lebih imbang. Jadi depan 40%, samping kanan kiri pengemudi 40% juga. Namun semuanya tergantung pada kalian.

Untuk kualitas, juga sebaiknya gunakan yang mempunyai daya kualitas optimal. Karena fungsi dari kaca samping kanan kiri pengemudi hampir sama pentingnya dengan yang dibagian depan.

3. Untuk Samping Kanan Kiri Baris Ke 2, 3

Nah untuk bagian ini kaca samping kanan kiri row 2 dan 3 ( jika mobil kecil seperti agya dan sejenisnya hanya aka nada row 2 sebagai row paling akhir), merupakan area bebas.

Kalian bisa menggunakan pada tingkat 40%, 60% bahkan 80%. Tidak masalah. Semakin gelap tingkatan yang kalian pilih, semakin nyaman penumpang dibelakang. Baik di siang hari maupun malam hari.

4. Untuk Bagian Belakang

Nah bagian belakang juga merupakan area penting, biasanya untuk melihat kondisi belakang melalui spion tengah. Direkomendasikan sebaiknya pakai di tingkat kegelapan 40%.

Namun itu jika kalian menggunakan jenis riben atau cermin. Karena jenis ini akan sangat berpengaruh pada pencahayaan. Pada malam hari justru akan membuat gelap pandangan keluar.

Namun jika menggunakan jenis biasa, kalian bisa memasangnya di tingkat 60%. Idealnya 60%. Jangan sesekalinya memasang di tingkat 80%, karena nanti bisa menyusahkan pengemudi ketika atret atau jalan mundur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *